ahmadnursanto

Jumat, 21 September 2012

POLA HIDUP

AWAL HARIKU DAN HARIMU

Apa yang pertama terucap ketika kita bangun tidur ? Bismillah ataukah Alhamdulillah ??
Ini memang pertanyaan sederhana tetapi bila diresapi akan memunculkan pemaknaan yang luas.
Ketika membuka facebook di pagi hari, sering saya(kita) menjumpai status ” ku awali hari ini dengan Bismillah, memulai hari dengan Bismillah” dan beberapa tulisan yang semakna. Secara psikologis, kata bismillah memunculkan optimisme, kekuatan bertindak yang terencana, dan bisa juga semangat untuk menjalani aktivitas, juga sebuah do’a untuk memulai aktivitas. Rasulullah saw memerintahkan (menganjurkan) untuk senantiasa mengawali aktivitas dengan basmallah. Hal ini karena sesungguhnya setiap aktivitas seorang muslim itu tidak lain akan bernilai ibadah. Dan dalam keterangan lain disebutkan bahwa tidak mungkin seseorang akan melakukan aktivitas yang berbau maksiat selama ia muslim.
Dengan membaca doa bismillah, diharapkan seorang muslim akan mendapatkan pahala dari aktivitasnya hari itu.

Walau sedikit mengusik, tulisan berikut perlu juga untuk direnungkan. Bahwa ternyata untuk memulai hari –memulai kehidupan- Rasulullah saw justru menganjurkan untuk memulai dengan bacaan hamdallah (membaca alhamdulillah)

Ubadah bin Shamit mengatakan bahwa Nabi bersabda, "Barangsiapa yang bangun di malam hari dan mengucapkan:
لا إله إلا الله وحده لا شريك له, له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدر, الحمد لله وسبحا ن الله ولا إله إلا الله والله اكبر ولا حول ولاقوة إلا بالله

Laa ilaha illalloh wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ’ala kulli syaiin qodir. Alhamdulillahi wasubhanalloh, walaa ilaha illalloh wallohu akbar,walaa haula walaa quwata illa billahi.
 'Tiada tuhan melainkan Allah Yang Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah, Mahasuci Allah, tidak ada tuhan melainkan Allah, Allah Mahabesar, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah', kemudian ia mengucapkan, 'Ya Allah, ampunilah aku', atau ia berdoa, maka dikabulkanlah doanya. Jika ia berwudhu dan shalat, maka diterima (shalatnya)." (HR. Bukhori)
Begitupun ketika bangun tidur, Rasul saw berdo’a :
الحمد لله الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشور
Alhamdulillahiladzi ahyana ba’da maa amatana wailaihin nusyuur (HR. Bukhori)

Dan beberapa hadits yang semakna dengan itu.

Alhamdulillah semestinya jadi ucapan ketika pertama membuka mata. Bacaan ini merupakan bentuk syukur atas nikmat hidup yang diberikan hari itu. Mengingat sebelumnya kita lelap tertidur yang tidak lain itu adalah satu bentuk kematian. Ada dua bentuk kematian, kematian kecil (asghar) dan kematian besar (akbar)
Tidur adalah kematian kecil, karena ia hanya sementara. Jika Alloh berkenan membangunkan tidur kita, berarti kematian itu selesai untuk sementara.
Secara psikologis, alhamdulillah adalah bentuk syukur atas karunia hidup. Bahwa segala sesuatu yang terjadi hari ini tidak lain adalah pemberian dari Alloh semata. Adapun usaha yang kita lakukan hari ini hanya berupa ikhtiar saja. Dan sesungguhnya usaha itupun tidak akan pernah ada jika hari ini kita tidak dibangkitkan dari kematian kecil (tidur) itu.
Jadi, singkatnya , awal untuk memulai hari adalah dengan membaca alhamdulillah yang akan melahirkan rasa syukur dan pernyataan bahwa apapun yang terjadi hari ini adalah karunia Alloh semata. Kita tidak punya usaha untuk memulai hari ini. Yang bisa kita lakukan hanyalah melanjutkan hari dengan aktivitas yang bernilai ibadah, dan itu tentunya dengan senantiasa diawali dengan bacaan ”bismillah”
ucapan alhamdulillah juga akan melahirkan kekuatan untuk menjalani hidup. Jikalau hari ini kita ”kalah” sesungguhnya itu dari Alloh semata. Jikapun hari ini kita ”menang”, itupun tidak perlu terlalu dibanggakan. Toh semua kekuatan itu datangnya dari Alloh swt. Kalah atau menang itu hanya dalam perspektif manusia, karena Alloh lebih melihat cara kita berusaha dan bagaimana keikhlasan hati untuk menerima hasil usaha kita
Pernyataan alhamdulillah akan membuat seseorang kuat dan tabah serta tegar berusaha. Sementara bismillah  adalah doa dan pernyataan bahwa kita berbuat itu atas kehendak dan dalam kuasa alloh swt.
Memang tidak salah mengatakan ”mengawali hari dengan bismillah, tetapi akan jauh lebih indah dan tepat jika kita memngawali hari dengan alhamdulillah.
semoga tulisan ini bisa jadi bahan renungan untuk menjalani hidup, yaitu kita berfikir bahwa sesungguhnya apa yang terjadi dalam hidup tidak lain adalah dalam Kuasa Alloh swt.  Laa haula walaa quwata illa billahil ’aliyil ’adzim.............
                                                Tulungagung, Juni 2012
                                                Renungan ketika bangun tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar