ahmadnursanto

Rabu, 25 November 2015

Belajar Hadapi Ujian Hidup Melalui Ujian Akhir Semester

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. فَيَاآيُّهَا الْحأضِرُوْنَ الْكِرَامِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ
. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
Jamaah shalat jumat yang dirahmati Allah,

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Ilahi Ta’ala atas limpahan nikmat dan hidayah kepada kita sampai detik ini kita masih berada dalam iman dan islam, tergambar dari semangat untuk datang mengikuti sholat jumat berjamaah. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shalallohu alaihi wassalam beserta keluarga, sahabat dan pengikut beliau sampai hari kiamat.
 Jamaah rahimakumullah,
Pekan ini adalah pekan terakhir kita mengikuti pelajaran di semester ganjil tahun ini. Senin depan kita sudah memasuki pekan ujian akhir semester ganjil. Tentu kita harus berusaha dengan giat agar meraih hasil yang maksimal.
Mau tidak mau kita harus melewati saat itu, sebab ia adalah syarat supaya kita bisa naik ke semester berikutnya. Maka sudah pasti tidak ada cara lain kecuali berusaha dan berdoa dengan maksimal dan melewatinya dengan optimis dan semangat.
Jamaah rahimakumullah.
Sejak awal masuk sekolah kita sudah dibiasakan untuk menghadapi ujian akhir semester ataupun ujian yang lain. Kita dipaksa untuk menghadapi dan melewati ujian dan mungkin dibuat pusing karenanya. Walaupun harus bersusah payah tapi kita tidak bisa menghindari saat ujian tersebut.
Jamaah yang dirahmati Alloh
Sesungguhnya hidup di dunia juga ujian. Alloh subhanahu wata’ala menjadikan hidup kita ini sebagai ujian untuk nanti dinilai di akhirat setelah kita meninggal dunia. oleh karena itu kita dilatih untuk terbiasa menghadapi ujian di sekolah sebagai persiapan kita menghadapi ujian kehidupan.
Ketika kita semangat dan berusaha mendapat hasil terbaik dalam ujian sekolah, begitu pula nanti kita harus menghadapi ujian dalam hidup. Ujian hidup kadang berupa cobaan.
Ujian itu pasti ada. Alloh telah berfirman dalam surat al baqoroh ayat 155:
  
 dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. "

Oleh karena itu jamaah rahimakumullah, kita harus terbiasa untuk menghadapi ujian dalam hidup. kita persiapkan sejak sekarang untuk mandiri dan berusaha keras melewati ujian. kita hadapi ujian semester yang hanya satu mingggu nanti dengan semangat, berusaha keras, berdoa dan tentunya mengerjakan sendiri. kitapun harus sabar dan tekun dalam belajar karena dibalik kesabaran dan ketekunan itu ada hasil yang penuh berkah.
Jamaah rahimakumullah,
Ujian semester hanya satu minggu sedang ujian hidup adalah selama kita hidup sampai datang kematian pada kita. Sebagaimana firman Alloh dalam surat al Mulk ayat 2
  
“yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”

Semoga dengan ujian semester nanti kita bisa belajar bagaimana menghadapi ujian-ujian dalam kehidupan kelak. Semoga Alloh selalu memberi hidayah dan menolong langkah kita semua… amin ya robbal alamin

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ بِاْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.
KHUTBAH KEDUA

الْحَمْدُ لِلَّه, الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا  مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. امابعد
فَيَاآيُّهَا الْحأضِرُوْنَ الْكِرَامِ .  اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
{إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا}.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ   .
. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ  مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ. رَبَّنا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدْيتَنا ، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمة ، إِنّكَ أنتَ الوَّهابُ  رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِينَ كَفَرُوا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَا إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ اللَّهُمَّ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ وَالأَبْصَارِ ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ. رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعِالَمِيْنَ
أَقِيْمُوْاالصَّلاَةِ


# khutbah jumat siswa SDIT At Taqwa tanggal 27 November 2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar